Monday 20 October 2014



      A.     Pengenalan Unit Wireless Broadband

Broadband wireless memiliki arti tidak digunakannya kabel untuk mengakses internet. Di sini, air interface digunakan sebagai media transmisi dengan teknologi akses radio yang berbeda. Broadband wireless access adalah langkah besar dalam dunia komunikasi, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dari berbagai titik di sekitar lokasi tertentu.
Contoh penerapan Wireless Broadband :
1.    Wireless Fidelity (WiFi) 
2.    Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) 
3.    Wireless local loop
 B.      Pemahaman Wireless Network
Wireless Network atau jaringan tanpa kabel saat ini merupakan sebuah Teknology yang sudah umum di gunakan oleh semua pihak.  Baik digunakan oleh ISP (Internet Service Provider), Perusahaan besar / Corporate Enterprise, Perusahaan kecil/SOHO, Instansi Pemerintah, Warnet, Layanan Umum bahkan untuk kepentingan perorangan atau personal.

Dengan kemajuan Teknology Wireless ini semakin hari semakin ditingkatkan kualitas bandwith atau kecepatan transfer data maupun ditingkatkan kualitas keamanannya sehingga jaringan Wireless yang kita bangun benar–benar sebagai jaringan yang aman dan tidak mudah ditembus oleh orang lain yang tidak berhak mengakses jaringan kita. Kecapatan transfer data mulai 11 Mbps, 54 Mbps, 108 Mbps, 300 Mbps bahkan lebih. Dengan semakin tinggi kecepatan Transfer data inilah yang menjadikan para penguna atau User merasa cukup terpenuhi kebutuhan akses data (khususnya bagi Corporate) sehingga tidak perlu lagi meragukan kecepatan transfer data karena sudah secepat transfer data mengunakan kabel UTP. 

C.      Benefit Wireless Network
Dengan Teknologi Jaringan Wireless ini memberikan benefit yang sangat besar bagi End User atau Corporate. Diantaranya adalah mengantikan pengunaan cabling yang lebih rumit, lebih banyak cost, lebih susah pengawasan dan manajemennya.
Bagi ISP dengan teknologi Wireless ini dapat meningkatkan layanan terhadap pelanggan menjadi lebih luas lagi karena sudah tidak lagi mengunakan layanan Dial Up telepon. Selain itu, dengan memiliki layanan Wireless atau HotSpot ini dapat meningkatkan daya darik tersendiri sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan mereka terhadap customer atau pelanggan kita. Contohnya layanan untuk Café, Supemarket, Hotel, Bandara, maupun tempat umum lainnya.
Kebutuhan akan jaringan wireless ini meningkat sangat pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan layanan Internet yang harus “Anytime-Anywhere”. Sehingga masyarakat berharap dengan banyaknya Free HotSpot ini menjadikan kebutuhan warga masyarakat akan layanan internet dapat terpenuhi. Hal inilah yang menjadikan pola hidup masyarakat modern yang akan berusaha mencari tempat yang ada layanan Hot Spot nya. Makan, belanja/shopping, rekreasi, hang out, tentu memilih tempat yang ada layanan Hot Spot. Selain itu, pada saat ini semakin banyak berkembang kolaburasi teknologi wireless dengan berbagai solusi maupun berbagai bisnis.

D.      Teknologi WIFI
1.    Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi(Wireless Fidelity) adalah sekumpulan standar yang mempunyai spesifikasi IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers Institute of Electrical and Electronics Engineers) 802.11 yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel. Saat ini Wi-Fi banyak digunakan untuk mengakses ke internet dengan menggunakan access point (hotspot) melalui komputer dan PDA (Pocket Digital Assistance) yang terhubung dengan kartu nirkabel. Sekarang ini spesifikasi 802.11 mempunyai 4 tipe yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Yang membedakan keempat tipe ini adalah luas jangkauan dan kecepatan transfernya.
Di beberapa negara, pengguna Wi-Fi tidak perlu mendapatkan izin dari pengaturan lokal untuk mendapatkan frekuensi Wi-Fi. Wi-Fi tidak hanya dapat bekerja dalam jaringan WLAN tetapi dapat juga bekerja di jaringan WMAN(Wireless Metropolitan Area Network) atau disebut juga Wi-Max yang mempunyai standar 802.16. Biasanya 802.11a dan 802.16 bekerja di frekuensi 5 GHz sedangkan 802.11b hanya digunakan di frekuensi 2,4 GHz.
Wi-Fi adalah merek yang dilisensi oleh Wi-Fi alliance untuk produksi yang lulus demonstrasi tes yang mereka implementasikan dalam satu set kemampuan standard produk untuk wireless local area network didasari oleh spesifikasi IEEE 802.01. standard baru dari spesifikasi 802.11,seperti 802.16(WIMAX), saat ini sedang dalam tahap pengerjaan dan menawarkan banyak peningkatan, mulai dari range yang semakin luas sampai kepada kecepatan transfer yang lebih besar.
Teknologi WIFI:
a.                   Aà Spesifikasi Frekuensi              :5,8 Mbps
b.                  BàSpesifikasi  Frekuensi              :11 Mbps
c.                   GàSpesifikasi Frekuensi               :54 Mbps
d.                  NàSpesifikasi Frekuensi               :100 Mbps
e.                   B,GàSpesifikasi Frekuensi           :2,4 Ghz
Teknologi WIFI digunakan untuk menyediakan akses internet nirkabel di zona terbatas (Hotspot).Standard jaringan WIFI adalahà 802, 11 (Jaringan IEEE)
Indonesia Wifi merupakan jaringan akses Wireless Broadband yang menjadi media untuk menikmati internet kecepatan tinggi dan layanan multimedia lainnya. Indonesia WIFI sudah dilengkapi dengan sistem kontrol dan monitoring terpacu yang mampu menyalurkan lebih dari satu layananan broadband dengan tingkat kualitas masing-masing yang dapat dijaminkan. Indonesia WIFI bisa dinikmati oleh semua orang yang menggunakan perangkat support WIFI di area @Wifi.id.
Dimanakah bisa menikmati Wifi.id? Saat ini sudah tersedia ribuan titik area @Wifi.id di Indonesia baik yang terletak di public area (Taman, Conventional Park, Mall, Transportation Hub) maupun private area (Kantor, Sekolah, Hotel, Cafe dan Restoran).
1.    Tujuan WIFI
Wi-Fi memiliki tujuan untuk digunakan pada peralatan mobile dan LAN, tetapi pada saat ini lebih sering digunakan untuk akses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer wireless atau PDA untuk mengakses internet didalam jangkauan akses poin.Suatu wilayah geografi yang tercover oleh satu atau beberapa akses poin disebut Hotspot.
Wifi id mendukung Teknologi EAP SIM (Seamless), jaringannya yang luas tersebar di Indonesia. Kecepatan Akses yang stabil, dan dukungan peralatan dan pelayanan konsumen yang handal.
Indosat SUPERWIFI EAP-SIM (Extensible  Authentication Protocol – SIM), adalah teknologi wifi terbaru yang memungkinkan pelanggan Indosat bisa mengakses internet di handset atau tabletnya melalui Wifi hotspot Indosat bila menggunakan SIM Card Indosat didalam device nya.
Dalam teknologi ini manfaat terbesar dari EAP-SIM ini adalah pelanggan tidak perlu input username ataupun password untuk menggunakan akses wifi hotspot IM2, sehingga disebut seamless, begitu terkoneksi dengan hotspot wifi Indosat, pelanggan langsung bisa berinternet dengan speed up to 2Mbps dan unlimited.
2.    Sejarah WIFI
Sejarah teknologi 802.11 berawal pada putusan Komisi Komunikasi Federal AS tahun 1985 yang merilis pita GSM (Global System for Mobile) untuk pemakaian tanpa lisensi. Pada tahun 1991, NCR Corporation (sebuah perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri pada produk sektor finansial dan retail) bersama AT&T menemukan pendahulu 802.11 yang ditujukan untuk sistem kasir. Produk-produk nirkabel pertama berada di bawah nama WaveLAN.
Wireless LAN (WaveLAN) adalah teknologi yang memungkinkan user mengakses jaringan LAN tanpa media kabel.
Vic Hayes dijuluki "Bapak Wi-Fi". Ia terlibat dalam perancangan standar pertama IEEE. Tahun 1999, Wi-Fi Alliance dibentuk sebagai sebuah asosiasi dagang untuk memegang merek dagang Wi-Fi yang digunakan oleh banyak produk.
3.    Spesifikasi WIFI



Tabel 1.1 Spesifikasi WIFI
Spesifikasi
Kecepatan
Frekuensi Band
Cocok Dengan
802,11 b
11 Mbps
2,4 Ghz
b
802,11 a
54 Mbps
5 Ghz
a
802,11 g
54 Mbps
2,4 Ghz
b dan g
802,11 n
100 Mbps
2,4 Ghz
b, g dan n

802,11 b diperuntukkan bagi perangkat WLAN (menggunakan Frekuensi 2,4 Ghz / Frekuensi ISM (Industrial Scientific and Material).
802,11 a dan 802,11 g diperuntukkan bagi perangkat bagi perangkat WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) atau WI-Max, Frekuensi 5 Ghz.
4.    Cara Kerja WIFI
Teknologi jaringan WIFI adalah bekerja dengan menggunakan Gelombang Radio dengan menggunakan Wireless LAN (Local Area Network) dari komputer, Router Nircabel memainkan peran penting pada sistem cara kerja WIFI.
Adaptor ini menerima data dari komputer dalam bentuk digital. Setelah data di Konvensi ke dalam bentuk Gelombang Radio maka dikirim ke Router melalui antena. Sinyal Decode Router mengirimkannya ke internet. Proses ini dikembalikan ketika informasi yang dikirimkan dari internet ke komputer. Frekuensi WIFI yaitu 2,4 Ghz dan 5 Ghz.
5.    Kelebihan & Kekurangan WIFI
Kelebihan WIFI
Pada saat-saat ini Wi-Fi memberikan beberapa keunggulan. Salah satu yang paling menonjol adalah kemudahan untuk mengaksesnya. Dengan membawa PDA (Pocket Digital Assistance) atau komputer/laptop yang berkemampuan Wi-Fi dapat mengakses internet di tempat yang terdapat access point atau hotspot dan para pengguna dapat menggunakan secara bersamaan tanpa diperlukan kabel.
Dan keunggulan lainnya adalah biaya pembangunannya yang relatif murah. Karena keunggulan-keunggulan inilah yang mendorong Internet Service Providers (ISP) membangun hotspot di kota-kota besar.
Kekurangan Wi-Fi
Kekurangan Wi-Fi hanya infrastruktur, Wi-Fi hanya bisa di akses di tempat- tempat tertentu saja. Untuk di Indonesia, infrastuktur Wi-Fi sepertinya dihalangi oleh birokrasi. Banyak pihak-pihak yang akan mengalami kerugian besar apabila infrastruktur Wi-Fi dibangun meluas.



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu