Monday 20 October 2014

BAB II
LANDASAN TEORI

A.  WIRELESS BROADBAND (WIBRO)
       Wibro adalah salah satu divisi Telkom penyedia akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 100 mbps.
B.  @wifi.id
       @wifi.id adalah sebuah ssid yang dipancarkan oleh AP yang berfungsi sebagai default gateway user untuk memasukan usernam/id, agar user dapat menikmati akses internet melalui ssid @wifi.id.
1.         Kelebihan @wifi.id
     kelebihan akses internet @wifi.id ini iyalah, akses internet dengan kecepatan sanngat tinggi hingga 100 mbps. Lokasi hotspot yg telah menjamur mulai dari tempat perbelanjaan,area pendidikan,rumah sakit,dan masih banyak lagi. Jika dibanding wifi lainnya atau paket data lainnya. Akses dengan ini jauh lebih cepat,murah dan mudah.
2.         Kekurangan @wifi.id
     kekurangan akses internet dengan @wifi.id ialah, kita hanya bisa mengaksesnya pada area hotspot tertentu, tidak bisa terlalu jauh dari titik hotspot/access point.


3.         Fitur @wifi.id
Yang paling umum digunakan ialah :
a.     SSID : @wifi.id
b.    SSID : Flash Zone
c.     SSID : Flexy Zone
d.    SSID : Indischool@wifi.id
e.     SSID : Flash Zone-seamless
C.  PILIHAN AKSES @WIFI.ID
1.    Spin Card
Spincard ini ditujukan untuk pengguna operator lain selain lingkup telkom, agar bisa menikmati @wifi.if dan bisa di dapat di ponsel, atau koprasi sebuah instansi yang di lokasi tersebut memiliki akses wifi.id. Ialah sebuah kartu username dan password sebagai akses untuk  masuk ke default gateway @wifi.id.

Gambar 2.1 Spin Card
2.    Flexi
Dengan cara ketik PROMO spasi HARIAN kirim ke 2255 untuk memperoleh layanan @wifi.id dan @flexyzone Rp.2.500,-/24 jam.
3.    Telkomsel
Dengan cara ketik NET 5000 kirim ke 8108, untuk memperoleh akses @wifi.id.

D.  SAUNG @WIFI.ID
Ialah sebuah tempat atau tenda yang berlogo dan ber branding @wifi.id. Yang fungsi nya untuk menempatkan para user @wifi.id untuk mengakses internet.Saung juga disebut wifi corner oleh masyarakat.

Gambar 2.2 Saung @wifi.id
E.  ONT

Gambar 2.3 ONT
            ONT  atau optical network transmission. Fungsi ONT ialah terminal GPON yang berada di ujung jaringan FTTH. Sebagai interface access internet pada pelanggan.
F.   POE ( Power Over Ethernet )



Gambar 2.4 POE
        POE adalah alat penyalur power ke AP melalui ethernet.  Dan penghubung ONT ke AP (jika menggunakan LAN).

G. AP ( Access Point )


Gambar 2.5 AP Indoor
Gambar 2.6 AP Outdoor
1.         Pengertian AP
     AP adalah Perangkat jaringan yang berisi sebuah tranceiver dan antena untuk transmisi,dan sebuah perangkat yang berfungsi menerima dan mengirimkan sinyal kepada client, agar clent tersebut dapat terkoneksi dengan internet. Dengan catatan client tersebut memiliki username dan password.
2.         Fungsi AP
Access Point adalah sebuah perangkat yang berfungsi menerima dan mengirimkan sinyal kepada client, agar clent tersebut dapat terkoneksi dengan internet. Dengan catatan client tersebut memiliki username dan password.





3.         Jenis-jenis AP
a. AP Outdoor
                 Jarak jangkau AP outdoor adalah 50-80m (merk autelan), memiliki ketahanan terhadap segala cuaca, dengan jenis antena yaitu 2,4 ghz (anten Panjang) dan 5,8 ghz (anten Pendek) .
a.    AP Indoor ( Merk Autelan )
Jarak Jangkauan 30m , ada dua jenis AP indoor merk autelan.
1). AP antena dalam    : AP jenis ini sebaiknya dan lebih    sering di   pasang di atas plafon.
2). AP antena luar       : AP jenis ini sebaiknya dan lebih sering di pasang di dinding.
c.  AP Indoor ( Merk Cisco )
Jarak jangkauan 50m. Kelebihan AP jenis ini ialah memiliki 3 antena. Jenis pancaran omni directional dan memiliki pancaran yang lebih stabil jika dibanding dengan AP lain.








H.  HUB
Gambar 2.7 HUB
HUB digunakan untuk menerima sinyal lalu meneruskannya kembali dengan kekuatan yang sama dan terdiri dari beberapa port (multi port). HUB bekerja pada physical layer  yang tidak tahu tentang alamat yang di tuju. Meskipun HUB memiliki beberapa port tetapi tetap menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, jadi apabila salahsatu port sibuk maka port lain harus menunggu.











0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu