BAB
III
KEGIATAN
YANG DILAKUKAN SELAMA PSG
A.
Kegiatan
Yang Dilakukan
Selama
kurang lebih 3 bulan penulis melakukan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda di PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Wireless Broadband, Kalimantan Selatan
khususnya area Banjarmasin. Penulis banyak melakukan kegiatan bersama dengan
pembimbing lapangan terkait, seperti; Melihat kondisi AP pada saat Troubleshoot di lapangan, memasang
Banner Wifi.Id di per-sekolahan, Kampus-Kampus bahkan di area public sekalipun, melihat seberapa
stabilnya user yang digunakan,
melakukan sosialisasi produk-produk dari SpeedyInstant, dan lain sebagainya. Di
dalam Bab III ini penulis akan menceritakan apa saja yang penulis kerjakan
secara detail.
1. Lokasi-Lokasi WiFi.Id di Banjarmasin-Banjarbaru
Berikut adalah
lokasi-lokasi Hot Spot yang disediakan oleh Telkom.Id untuk menunjang akses
internet bagi masyarakat;
a. Wifi.Id
Public
Gambar 3.1 Lokasi Wifi.Id Banjarmasin
dan Banjarbaru
Gambar 3.3 IndiSchool Available
Wifi.Id
Gambar 3.4 IndiSchool Available
Wifi.Id
1. Penanganan
Gangguan WiFi.Id di
Banjarmasin
Selama 1 bulan penulis melakukan praktek kerja
lapangan, penulis mendapat bagian di divisi Operating Maintenance yang
menanggani troubleshoot pada Wifi.
Sebelum menangani gangguan yang terjadi di Wifi.Id para teknisi harus melihat lokasi-lokasi
mana sajakah yang mengalami troubleshoot sehingga
kita dapat menangani gangguan dengan efektif. Apa sajakah yang menyebabkan
terjadinya gangguan pada saat mengakses intertnet:
a. Personal
/ Client tidak dapat tersambung pada
AP, dikarenakan WLAN mati atau disable.
b. SSID
yang dimasukan tidak sama, pastikanlah untuk menulis SSID dengan benar.
c. Security /
Password salah dalam ejaannya.
d. Radius
atau jarak untuk mengakses internet terlalu jauh sehingga client kehilangan signal internet.
e. Signal
yang diterima oleh personal turun dikarenakan propogasi.
f. AP
yang digunakan sedang dalam keadaan rusak dan tidak dapat menerima akses
internet.
Adapun
Langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menanggani gangguan, yaitu:
a. Melihat
kondisi pada AP apakah lampu power, IP, dan LAN dalam kondisi mati. Jika dalam
kondisi yang mati maka Access dari
internet dengan otomatis akan terputus.
b. Melihat
kondisi dari AP secara fisik, yaitu apakah AP yang digunakan dalam kondisi yang
baik ataupun rusak. Jika terjadi kerusakan maka pihak dari Telkom.Id akan
mengganti AP tersebut.
c. Pastikan
Cable Adapter terhubung dan tidak terlepas dari AP.
d. Lepaskan
sambungan kabel UTP dan koneksikan pada laptop, tunggu beberapa saat jika
laptop menerima access internet dari AP tersebut maka koneksi pada AP telah
tertangani.
e. Jika
dengan beberapa cara diatas masih saja terjadi troubleshoot ataupun tidak mendapatkan Access Internet, maka
teknisi harus menghubungi ISP pada Telkom.Id untuk melihat AP tersebut.
2. Sosialisasi Produk WiFi.Id
Sosialisasi sangat diperlukan oleh masyarakat yang
menggunakan Wifi.Id sebagai akses internet mereka, pengenalan dan memberi
didikan akan Wifi.Id sangat membantu produk-produk Telkom.Id dikenal juga
selain itu membantu masyarakat memudahkan akses internet mereka.
Media sosialisasi yang digunakan kebanyakan adalah
Kampus-Kampus, Lembaga Pendidikan, Sekolah-Sekolah, maupun public seperti
Perkantoran, Mall, Perhotelan, dan lain sebagainya. Ragam produk dari Wifi.Id
di sosialisasikan, seperti; IndiCampus yaitu sosialisasi yang langsung bertatap
muka dengan para mahasiswa dimana para mahasiswa ataupun dosen dapat menanyakan
semua tentang Wifi.Id dan pihak dari Telkom menjawab seluruh pertanyaan mereka,
sehingga pengenalan akan produk-produk dari Wifi.Id menjelajah di dunia perkampusan
dan memudahkan para mahasiswa mengakses internet.
IndiSchool yaitu sosialisasi yang sama dengan
mahasiswa namun langsung dengan pelajar terkait. Sehingga dengan sosialisasi
Indischool, para pelajar dapat dengan mudah mengakses internet dengan kemudahan
dan cara-cara yang telah diinformasikan kepada setiap pelajar.
Sosialisasi Indipublic sama dengan kedua hal yang
telah penulis jelaskan sebelumnya, yang membedakan hanyalah kita tidak bertemu
langsung dengan masyarakat, contohnya yaitu: Sosialisasi di area seperti Guest
House dimana owner bertemu dengan
pihak dari Telkom yang mesosialisasikan produk Wifi.Id yaitu Indipublic.
Setelah itu owner bisa
mesosialisasikannya dengan pelanggannya.
3. Pemasangan
Banner dan Sticker Wifi.Id
a. Banner
dan Sticker Wifi.id
Selain kegiatan-kegiatan yang sudah penulis uraikan
selama melakukan pendidikan sistem ganda di Divisi Wireless Broadband, penulis
juga ditugaskan untuk memasang Banner dan Sticker Wifi.Id diberbagai tempat,
seperti: Perkampusan di daerah Banjarmasin, Sekolah-Sekolah di Banjarmasin, dan
area Public. Tujuan dari pemasangan Banner dan Sticker ini adalah
menginformasikan produk-produk dari Wifi.Id yang beragam dan yang tidak semua
bisa di sosialisasikan. Maka dari itu pemasang Banner dan Sticker ini akan
memudahkan masyarakat mengetahui produk-produk Wifi.Id, contohnya adalah
pemasangan Sticker Flashzone Seamless yang jarang di sosialisasikan, sehingga
dengan dipasangnya dengan berbentuk sticker dan ditempelkan di area public,
masyarakat mengetahui produk Flashzone Seamless bagi pengguna kartu Simpati.
a. Saung
Wifi.Id Corner
Telkom.Id
juga menyediakan tempat bagi masyarakat yang ingin mengakses internet yang
diberi nama Wifi.Id Corner. Saung ini dilengkapi dengan kursi, meja, listrik,
dan akses internet yang Up To 100 Mbps untuk memberikan kenyamanan bagi
masyarakat
1. Event-Event
Wifi.Id
Wifi.Id juga banyak mengeluarkan event-event
besar.Selain meramaikan event tersebut juga mengenalkan kembali apakah itu
Wifi.id. Sebagai contoh yaitu; Pada tanggal 17 Agustus 2014 tepatnya Hari
Kemerdekaan Indonesia, seluruh Telkom di Indonesia menjalankan programnya untuk
mengenalkan Wifi.Id ke seluruh masyarakat Indonesia. Dengan event besar ini
pula Telkom Graha Banjarmasin Divisi Wireless Boardband unit Delivery mempersiapkan kartu
SpeedyInstant Free bagi masyarakat
Banjarmasin yang mengunjungi saung Wifi.id Corner, untuk merasakan kecepatan
Wifi yang memerdekakan Indonesia.
Selain itu event yang sempat meramaikan dunia
per-olahragaan Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brazil menjadi pilihan
tersendiri bagi Telkom untuk mengikuti event tersebut dengan mengubah tampilan
dari kartu SpeedyInstant sesuai dengan yang diadakan seluruh dunia. Telkom.Id
juga memberikan kemudahan bagi penyuka dunia olahraga dengan mendapatkan akses
live Streaming liga Inggris (BPL) serta bonus streaming movie dari www.
useeTV.comyang dimana sudah
disediakan Channel tersendiri.
B.
Performasi
Dan Monitoring AP
1.
AP
Down
dan AP Up
a.
AP
Down
AP
Down
bertujuan untuk mengetahui pemakaian Wifi.Id yang disediakan oleh Telkom.Id,
selain itu aplikasi local milik Telkom ini juga berfungsi untuk melihat kondisi
Access Point apakah dalam keadaan turun (Down)
atau dalam keadaan yang baik (Up) dan
juga untuk mengetahui seberapa banyak user yang mengakses internet per-tiap
jam.
Gambar 3.1 AP Down
b. AP
Up
AP Up adalah User ataupun Access Point yang ber-status baik, stabil, dan lancar saat
digunakan.Sehingga dapat terlihat di Dashboard Client AP, statusnya dan berapa user yang menggunakan @wifi.id ini.
Gambar 3.2 AP Up
2. Jumlah
User yang Menggunakan Wifi.id
Dari aplikasi local milik Telkom.Id tersebut penulis
dapat melihat dan memastikan seberapa banyak masyarakat Banjarmasin yang
menggunakan Wifi.Id untuk akses internet mereka.Setelah itu penulis di arahkan
untuk membuat grafik untuk melihat kemajuan bahkan kemunduran jumlah pelanggan
yang memakai Wifi.Id.
Berikut ini adalah
grafik yang penulis gambarkan untuk melihat dari hari ke hari User atau pelanggan yang aktif mengakses
internet Wifi.Id.
Gambar 3.2 Grafik Jumlah User yang Menggunakan Wifi.id
Setelah melihat table dan grafik yang disajikan
diatas, maka dapat kita lihat bahwa penggunaan Wifi.id hari ke hari
berbeda-beda.Terjadi AP Down pada
tanggal 24 September 2014 dan 27 September 2014.Sedangkan tanggal lainnya AP
berada dalam posisi Run.
3. Perilaku
User dalam menggunakan Wifi.Id
Kenaikan demi
kenaikan dari user dan kebiasaan
pelanggan mengakses internet Wifi.Id per-tiap jam nya yang disebut sebagai
perilaku user. Disini penulis
menjelaskan perilaku user dalam
beberapa segment, yaitu; IndiSchool,
IndiCampus, IndiPublic dimana memiliki pelanggan terbanyak per-tiap.
a. Perilaku
User IndiSchool
Sebagai contoh penulis
mengidentifikasi beberapa Sekolah dari Banjarmasin maupun Banjarbaru, yaitu;
SMK Telkom Banjarbaru, SMK Bina Banua Banjarmasin, dan SMP Muhammadiyah 6
Banjarmasin.
1. Senin,
22 September 2014
Gambar 3.3 Perilaku User dalam menggunakan Wifi.Id
Identifikasi untuk hari senin dapat terlihat dari
table dan grafik diatas.Dari table diatas terlihat bahwa kebiasaan para
pelanggan terutama pelajar yang menggunakannya berada dalam keadaan AP Run disaat jam 11:00 keatas hingga malam
hari.
(2.
Jumat, 26 September 2014
Gambar 3.4 Grafik Perilaku User Hari Jumat Indischool
Pada
hari Jumat penurunan terhadap perilaku user
Wifi.id mengalami penurunan grafik pelanggan.
b. Perilaku
User IndiCampus
Sebagai contoh penulis
mengidentifikasi beberapa Sekolah dari Banjarmasin maupun Banjarbaru, yaitu;
AKPER Pandan Arum Banjarmasin, UNLAM Fakultas Kedokteran Banjarmasin, STIMI
Banjarmasin.
(1. Senin,
22 September 2014
Gambar 3.5 Perilaku User IndiCampus
Berbeda dengan grafik IndiSchool, dapat kita lihat
pengguna Wifi.Id dikalangan mahasiswa lebih banyak ketimbang para pelajar
dihari yang sama.
(2. Jumat,
26 September 2014
Gambar 3.6 Grafik Perilaku User Hari jumat IndiCampus
Grafik dihari Jumat untuk IndiCampus kenaikan pesat
terjadi pada UNLAM Fakultas Kedokteran Banjarmasin.
c. Perilaku
User IndiPublic
Selain dilokasi perkampusan ataupun sekolah, kita
dapat melihat pula perilaku user diruang
lingkup luas. Sebagai contoh beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh
masyarakat, yaitu: STO Centrum Banjarmasin, pusat perbelanjaan Gagdet Mart
Banjarmasin, dan Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.
4. Lokasi-Lokasi
dengan User Wifi.Id terbanyak dan
Terendah
Berikut ini
adalah table dan grafik yang menunjukan user
ataupun jumlah dari keseluruhan pelanggan yang menggunakan Wifi.Id dari
seluruh komunitas dengan pemakaian dengan trafik terbanyak.
a. User
Terbanyak
Beberapa tempat
yang memiliki trafik pelanggan terbanyak di area Banjarmasin dan
Banjarbaru.Data user ini dengan
sendirinya tercatat di Dashboard milik Telkom, sehingga memudahkan pegawai
Telkom untuk melihat grafik peningkatan pelanggan yang terjadi.
Gambar 3.1 Lokasi dengan User Terbanyak
b. User Terendah
Berikut ini lokasi yang memiliki
pelanggan dalam berstatus limit atau
terendah yang sudah terdata didalam Dashboard milik Telkom.
Ada beberapa alasan mengapa data user terlihat rendah:
1) Access Point pada
lokasi terkait sedang dalam keadaan down ataupun
rusak.
2) Pengguna
pada lokasi tersebut sedikit yang mengakses internet.
3) Terjadinya
troubleshoot dilokasi tersebut
C.
Permasalahan
Permasalahan yang sering terjadi saat penulis adalah
terjadinya kelambatan dari bagian sosialisasi untuk memberikan informasi kepada
sekolah, perkampusan yang terdaftar dalam pemasangan Wifi.Id.Serta gangguan
dari Access Point di lokasi tersebut.
Maka dari itu penulis dapat menuliskan pemecahan masalah yang terjadi baik
untuk kantor maupun tempat yang telah dipasang Wifi.Id.
D.
Pemecahan
Masalah
Pemecah masalah
atau yang biasa disebut sebagai solusi dari pembahasan yang sudah penulis uraikan,
yaitu:
1. Wifi.Id
sebagai wifi milik Indonesia yang disediakan oleh Telkom terutama di wilayah
Banjarmasin untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses internet
berkecepatan tinggi.
2. Penggenalan
produk-produk Telkom.Id seperti kartu SpeedyInstant bagi komunitas yang ada
dikalangan masyarakat Banjarmasin, memberikan dampak bagi konsumen maupun dari
pihak Telkom Banjarmasin.
3. Memberikan
dengan komitmen yang dijalankan oleh Telkom Banjarmasin untuk memenuhi layanan
Broadband bagi masyarakat Banjarmasin dengan pelayanan yang terbaik dengan
tersebarnya beberapa Plasa Telkom Banjarmasin maupun Banjarbaru untuk
memudahkan masyarakat di Wilayah Banjarmasin menikmati layanan yang diberikan
oleh Telkom.
4. Sosialisasi
yang diselenggarakan oleh pihak Telkom memberikan pengetahuan akan layanan
internet dan varian produk Wifi.Id.
5. Tersebarnya
hotspot Wifi.Id Corner di berbagai tempat, seperti: Sekolah-sekolah,
perkampusan, perkantoran, dan area public
di area Banjarmasin dan sekitarnya memberikan nilai kemudahan bagi masyarakat
untuk merasakan Broadband.
0 comments:
Post a Comment