Monday 20 October 2014




BAB III
KEGIATAN YANG DILAKUKAN SELAMA PSG

A.    Kegiatan Yang Dilakukan
Selama kurang lebih 3 bulan penulis melakukan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Wireless Broadband, Kalimantan Selatan khususnya area Banjarmasin. Penulis banyak melakukan kegiatan bersama dengan pembimbing lapangan terkait, seperti; Melihat kondisi AP pada saat Troubleshoot di lapangan, memasang Banner Wifi.Id di per-sekolahan, Kampus-Kampus bahkan di area public sekalipun, melihat seberapa stabilnya user yang digunakan, melakukan sosialisasi produk-produk dari SpeedyInstant, dan lain sebagainya. Di dalam Bab III ini penulis akan menceritakan apa saja yang penulis kerjakan secara detail.
1.      Lokasi-Lokasi WiFi.Id di Banjarmasin-Banjarbaru
Berikut adalah lokasi-lokasi Hot Spot yang disediakan oleh Telkom.Id untuk menunjang akses internet bagi masyarakat;

a.       Wifi.Id Public
Gambar 3.1 Lokasi Wifi.Id Banjarmasin dan Banjarbaru





b. IndiSchool Available Wifi.Id
Gambar 3.3 IndiSchool Available Wifi.Id


Gambar 3.4 IndiSchool Available Wifi.Id
1.      Penanganan Gangguan WiFi.Id di Banjarmasin
Selama 1 bulan penulis melakukan praktek kerja lapangan, penulis mendapat bagian di divisi Operating Maintenance yang menanggani troubleshoot pada Wifi. Sebelum menangani gangguan yang terjadi di Wifi.Id para teknisi harus melihat lokasi-lokasi mana sajakah yang mengalami troubleshoot sehingga kita dapat menangani gangguan dengan efektif. Apa sajakah yang menyebabkan terjadinya gangguan pada saat mengakses intertnet:
a.       Personal / Client tidak dapat tersambung pada AP, dikarenakan WLAN mati atau disable.
b.      SSID yang dimasukan tidak sama, pastikanlah untuk menulis SSID dengan benar.
c.       Security / Password salah dalam ejaannya.
d.      Radius atau jarak untuk mengakses internet terlalu jauh sehingga client kehilangan signal internet.

e.       Signal yang diterima oleh personal turun dikarenakan propogasi.
f.       AP yang digunakan sedang dalam keadaan rusak dan tidak dapat menerima akses internet.
Adapun Langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menanggani gangguan, yaitu:
a.       Melihat kondisi pada AP apakah lampu power, IP, dan LAN dalam kondisi mati. Jika dalam kondisi yang mati maka Access dari  internet dengan otomatis akan terputus.
b.      Melihat kondisi dari AP secara fisik, yaitu apakah AP yang digunakan dalam kondisi yang baik ataupun rusak. Jika terjadi kerusakan maka pihak dari Telkom.Id akan mengganti AP tersebut.
c.       Pastikan Cable Adapter terhubung dan tidak terlepas dari AP.
d.      Lepaskan sambungan kabel UTP dan koneksikan pada laptop, tunggu beberapa saat jika laptop menerima access internet dari AP tersebut maka koneksi pada AP telah tertangani.
e.       Jika dengan beberapa cara diatas masih saja terjadi troubleshoot ataupun tidak mendapatkan Access Internet, maka teknisi harus menghubungi ISP pada Telkom.Id untuk melihat AP tersebut.
2.      Sosialisasi Produk WiFi.Id
Sosialisasi sangat diperlukan oleh masyarakat yang menggunakan Wifi.Id sebagai akses internet mereka, pengenalan dan memberi didikan akan Wifi.Id sangat membantu produk-produk Telkom.Id dikenal juga selain itu membantu masyarakat memudahkan akses internet mereka.
Media sosialisasi yang digunakan kebanyakan adalah Kampus-Kampus, Lembaga Pendidikan, Sekolah-Sekolah, maupun public seperti Perkantoran, Mall, Perhotelan, dan lain sebagainya. Ragam produk dari Wifi.Id di sosialisasikan, seperti; IndiCampus yaitu sosialisasi yang langsung bertatap muka dengan para mahasiswa dimana para mahasiswa ataupun dosen dapat menanyakan semua tentang Wifi.Id dan pihak dari Telkom menjawab seluruh pertanyaan mereka, sehingga pengenalan akan produk-produk dari Wifi.Id menjelajah di dunia perkampusan dan memudahkan para mahasiswa mengakses internet.
IndiSchool yaitu sosialisasi yang sama dengan mahasiswa namun langsung dengan pelajar terkait. Sehingga dengan sosialisasi Indischool, para pelajar dapat dengan mudah mengakses internet dengan kemudahan dan cara-cara yang telah diinformasikan kepada setiap pelajar.
Sosialisasi Indipublic sama dengan kedua hal yang telah penulis jelaskan sebelumnya, yang membedakan hanyalah kita tidak bertemu langsung dengan masyarakat, contohnya yaitu: Sosialisasi di area seperti Guest House dimana owner bertemu dengan pihak dari Telkom yang mesosialisasikan produk Wifi.Id yaitu Indipublic. Setelah itu owner bisa mesosialisasikannya dengan pelanggannya.
3.      Pemasangan Banner dan Sticker Wifi.Id
a.       Banner dan Sticker Wifi.id
Selain kegiatan-kegiatan yang sudah penulis uraikan selama melakukan pendidikan sistem ganda di Divisi Wireless Broadband, penulis juga ditugaskan untuk memasang Banner dan Sticker Wifi.Id diberbagai tempat, seperti: Perkampusan di daerah Banjarmasin, Sekolah-Sekolah di Banjarmasin, dan area Public. Tujuan dari pemasangan Banner dan Sticker ini adalah menginformasikan produk-produk dari Wifi.Id yang beragam dan yang tidak semua bisa di sosialisasikan. Maka dari itu pemasang Banner dan Sticker ini akan memudahkan masyarakat mengetahui produk-produk Wifi.Id, contohnya adalah pemasangan Sticker Flashzone Seamless yang jarang di sosialisasikan, sehingga dengan dipasangnya dengan berbentuk sticker dan ditempelkan di area public, masyarakat mengetahui produk Flashzone Seamless bagi pengguna kartu Simpati.
a.       Saung Wifi.Id Corner
Telkom.Id juga menyediakan tempat bagi masyarakat yang ingin mengakses internet yang diberi nama Wifi.Id Corner. Saung ini dilengkapi dengan kursi, meja, listrik, dan akses internet yang Up To 100 Mbps untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat
1.      Event-Event Wifi.Id
Wifi.Id juga banyak mengeluarkan event-event besar.Selain meramaikan event tersebut juga mengenalkan kembali apakah itu Wifi.id. Sebagai contoh yaitu; Pada tanggal 17 Agustus 2014 tepatnya Hari Kemerdekaan Indonesia, seluruh Telkom di Indonesia menjalankan programnya untuk mengenalkan Wifi.Id ke seluruh masyarakat Indonesia. Dengan event besar ini pula Telkom Graha Banjarmasin Divisi Wireless Boardband unit Delivery mempersiapkan kartu SpeedyInstant Free bagi masyarakat Banjarmasin yang mengunjungi saung Wifi.id Corner, untuk merasakan kecepatan Wifi yang memerdekakan Indonesia.
 Selain itu event yang sempat meramaikan dunia per-olahragaan Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brazil menjadi pilihan tersendiri bagi Telkom untuk mengikuti event tersebut dengan mengubah tampilan dari kartu SpeedyInstant sesuai dengan yang diadakan seluruh dunia. Telkom.Id juga memberikan kemudahan bagi penyuka dunia olahraga dengan mendapatkan akses live Streaming liga Inggris (BPL) serta bonus streaming movie dari www. useeTV.comyang dimana sudah disediakan Channel tersendiri.
B.    Performasi Dan Monitoring AP
1.      AP Down dan AP Up
a.      AP Down
AP Down bertujuan untuk mengetahui pemakaian Wifi.Id yang disediakan oleh Telkom.Id, selain itu aplikasi local milik Telkom ini juga berfungsi untuk melihat kondisi Access Point apakah dalam keadaan turun (Down) atau dalam keadaan yang baik (Up) dan juga untuk mengetahui seberapa banyak user yang mengakses internet per-tiap jam.




Gambar 3.1 AP Down

b.  AP Up 
AP Up adalah User ataupun Access Point yang ber-status baik, stabil, dan lancar saat digunakan.Sehingga dapat terlihat di Dashboard Client AP, statusnya dan berapa user yang menggunakan @wifi.id ini.
Gambar 3.2 AP Up
2.      Jumlah User yang Menggunakan Wifi.id
Dari aplikasi local milik Telkom.Id tersebut penulis dapat melihat dan memastikan seberapa banyak masyarakat Banjarmasin yang menggunakan Wifi.Id untuk akses internet mereka.Setelah itu penulis di arahkan untuk membuat grafik untuk melihat kemajuan bahkan kemunduran jumlah pelanggan yang memakai Wifi.Id.
Berikut ini adalah grafik yang penulis gambarkan untuk melihat dari hari ke hari User atau pelanggan yang aktif mengakses internet Wifi.Id.


Gambar 3.2 Grafik Jumlah User yang Menggunakan Wifi.id
Setelah melihat table dan grafik yang disajikan diatas, maka dapat kita lihat bahwa penggunaan Wifi.id hari ke hari berbeda-beda.Terjadi AP Down pada tanggal 24 September 2014 dan 27 September 2014.Sedangkan tanggal lainnya AP berada dalam posisi Run.
3.      Perilaku User dalam menggunakan Wifi.Id
Kenaikan demi kenaikan dari user dan kebiasaan pelanggan mengakses internet Wifi.Id per-tiap jam nya yang disebut sebagai perilaku user. Disini penulis menjelaskan perilaku user dalam beberapa segment, yaitu; IndiSchool, IndiCampus, IndiPublic dimana memiliki pelanggan terbanyak per-tiap.
a.       Perilaku User IndiSchool
Sebagai contoh penulis mengidentifikasi beberapa Sekolah dari Banjarmasin maupun Banjarbaru, yaitu; SMK Telkom Banjarbaru, SMK Bina Banua Banjarmasin, dan SMP Muhammadiyah 6 Banjarmasin.
1.    Senin, 22 September 2014


Gambar 3.3 Perilaku User dalam menggunakan Wifi.Id
Identifikasi untuk hari senin dapat terlihat dari table dan grafik diatas.Dari table diatas terlihat bahwa kebiasaan para pelanggan terutama pelajar yang menggunakannya berada dalam keadaan AP Run disaat jam 11:00 keatas hingga malam hari.
(2.    Jumat, 26 September 2014
Gambar 3.4 Grafik Perilaku User Hari Jumat Indischool
Pada hari Jumat penurunan terhadap perilaku user Wifi.id mengalami penurunan grafik pelanggan.
b.       Perilaku User IndiCampus
Sebagai contoh penulis mengidentifikasi beberapa Sekolah dari Banjarmasin maupun Banjarbaru, yaitu; AKPER Pandan Arum Banjarmasin, UNLAM Fakultas Kedokteran Banjarmasin, STIMI Banjarmasin.
(1.    Senin, 22 September 2014
Gambar 3.5 Perilaku User IndiCampus

Berbeda dengan grafik IndiSchool, dapat kita lihat pengguna Wifi.Id dikalangan mahasiswa lebih banyak ketimbang para pelajar dihari yang sama.
(2.    Jumat, 26 September 2014
Gambar 3.6 Grafik Perilaku User Hari jumat IndiCampus
Grafik dihari Jumat untuk IndiCampus kenaikan pesat terjadi pada UNLAM Fakultas Kedokteran Banjarmasin.
c.       Perilaku User IndiPublic
Selain dilokasi perkampusan ataupun sekolah, kita dapat melihat pula perilaku user diruang lingkup luas. Sebagai contoh beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat, yaitu: STO Centrum Banjarmasin, pusat perbelanjaan Gagdet Mart Banjarmasin, dan Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.
4.      Lokasi-Lokasi dengan User Wifi.Id terbanyak dan Terendah
Berikut ini adalah table dan grafik yang menunjukan user ataupun jumlah dari keseluruhan pelanggan yang menggunakan Wifi.Id dari seluruh komunitas dengan pemakaian dengan trafik terbanyak.
a.       User Terbanyak
Beberapa tempat yang memiliki trafik pelanggan terbanyak di area Banjarmasin dan Banjarbaru.Data user ini dengan sendirinya tercatat di Dashboard milik Telkom, sehingga memudahkan pegawai Telkom untuk melihat grafik peningkatan pelanggan yang terjadi.

Gambar 3.1 Lokasi dengan User Terbanyak
b.       User Terendah
Berikut ini lokasi yang memiliki pelanggan dalam berstatus limit atau terendah yang sudah terdata didalam Dashboard milik Telkom.

Ada beberapa alasan mengapa data user terlihat rendah:
1)      Access Point pada lokasi terkait sedang dalam keadaan down ataupun rusak.
2)      Pengguna pada lokasi tersebut sedikit yang mengakses internet.
3)      Terjadinya troubleshoot dilokasi tersebut

C.    Permasalahan
Permasalahan yang sering terjadi saat penulis adalah terjadinya kelambatan dari bagian sosialisasi untuk memberikan informasi kepada sekolah, perkampusan yang terdaftar dalam pemasangan Wifi.Id.Serta gangguan dari Access Point di lokasi tersebut. Maka dari itu penulis dapat menuliskan pemecahan masalah yang terjadi baik untuk kantor maupun tempat yang telah dipasang Wifi.Id.
D.    Pemecahan Masalah
Pemecah masalah atau yang biasa disebut sebagai solusi dari pembahasan yang sudah penulis uraikan, yaitu:
1.      Wifi.Id sebagai wifi milik Indonesia yang disediakan oleh Telkom terutama di wilayah Banjarmasin untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses internet berkecepatan tinggi.
2.      Penggenalan produk-produk Telkom.Id seperti kartu SpeedyInstant bagi komunitas yang ada dikalangan masyarakat Banjarmasin, memberikan dampak bagi konsumen maupun dari pihak Telkom Banjarmasin.
3.      Memberikan dengan komitmen yang dijalankan oleh Telkom Banjarmasin untuk memenuhi layanan Broadband bagi masyarakat Banjarmasin dengan pelayanan yang terbaik dengan tersebarnya beberapa Plasa Telkom Banjarmasin maupun Banjarbaru untuk memudahkan masyarakat di Wilayah Banjarmasin menikmati layanan yang diberikan oleh Telkom.
4.      Sosialisasi yang diselenggarakan oleh pihak Telkom memberikan pengetahuan akan layanan internet dan varian produk Wifi.Id.
5.      Tersebarnya hotspot Wifi.Id Corner di berbagai tempat, seperti: Sekolah-sekolah, perkampusan, perkantoran, dan area public di area Banjarmasin dan sekitarnya memberikan nilai kemudahan bagi masyarakat untuk merasakan Broadband.








0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu