Monday 20 October 2014

LATAR BELAKANG


 Salah satu layanan informasi yang sangat mempengaruhi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan di indonesia adalah internet. Di Indonesia khususnya kota kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan internetan sebagai media pembelajaran dan pencarian informasi dan pengetahuan sudah lebih maksimal meskipun akses internet di Indonesia belum bisa dirasakan semua orang.
       Pencarian sumber informasi melalui media internet bisa menjadi salah satu kunci basgi dunia pendidikan di Indonesia agar setara dengan pendidikan di negara-negara maju. Dengan hadirnya fasilitas  internet di Indonesia, pemerintah dan institusi-institusi pendidikan di Indonesia sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi dunia pendidikan di Indonesia, dan bagi masyarakat yang mempunyai kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi khususnya informasi dalam dunia pendidikan. Salah satumetode yang di terapkan adalah Distance Learning. Metode Distance Learning merupakan metode alternatif dalam perataan kesempatan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Metode ini di harapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang di timbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode Distance Learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam memperoleh hal-hal dan ilmu-ilmu baru dalam tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah dipahami.
       Jika kita melihat ke negara lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia cukup tertinggal. Peranan pemerintah sangat diharapkan  


       Selain peranan pemerintah dalam perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia, sumber daya manusia (SDM) juga harus dapat membantu pemerintah dalam mengejar ketinggalan tersebut. Dengan cara melalui pendidikan yang tepat, baik berupa pendidikan formal maupun pendidikan non-formal seperti pelatihan atau praktek. Salah satu pendidikan non formal seperti pelatihan atau praktek. Salah satu pendidikan non-formal yang di maksud adalah pendidikan sistem ganda (PSG) yang merupakan bentuk pengimplementasian yang memadukan secara sistematis dan sincronisasi antara pendidikan pendidikan di sekolah dengan kemampuan dan keahlian yang di peroleh melalui pengalaman kerja secara langsung di dunia industri.
       PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk sebagai salah satu instansi yang telah menjamin kesepakatan untuk turut serta melibatkan diri guna membantu penyelanggaraan pendidikan di SMK TELKOM menghasilkan kerjasama berupa pelaksanaan PSG bagi siswa/siswi SMK TELKOM Sandhy Putra Banjarbaru. Hal ini berdasarkan pada naskah Perjanjian Kerjasama antara PT, Telekomunikasi Indonesia, Tbk dengan yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor: TEL. 175/ HK810/ HRC60/ 2012 dan Nomor: PKS 09/ pdd/ DPPP-YSPT/V/2012. Tentang: PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah pembinaan YSPT untuk di berikas kesempatan guna memanfaatkan fasilitas TELKOM melalui Pendidikan Sistem Ganda.

       Berdasarkan latar belakan diatas, maka penulis perlu mengkaji lebih dalam mengenai ilmu yang penulis dapatkan selama menjalani Pendidikan Sistem Ganda pada Divisi Wireless Broadband Banjarmasin.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu