Monday 20 October 2014

LANDASAN TEORI

       Indonesia WiFi merupakan jaringan access broadband yang menjadi media untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi serta berbagai layanan multimedia lainnya.
       Menggunakan teknologi Wireless Fidelity (WiFi) terbaru berdasarkan pada spesifikasi IEEE 802.11 yang populer digunakan untuk menghubungkan antar komputer, smartphone, laptop dan perangkat lainnya, serta menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (ethernet) Local Area Network. Teknologi ini sudah dilengkapi dengan sistem kontrol dan Monitoring terpadu menjadikan Indonesia WiFi dapat menyalurkan lebih dari satu layanan broadband dengan tingkat kualitas masing-masing yang dapat dijaminkan.
       Indonesia WiFi (@wifi.id) menyediakan layanan public internet berbasis teknologi Wifi/Hotspot dalam rangka mendukung program percepatan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam memenuhi hal tersebut, saat ini Indonesia WiFi (@wifi.id) telah dan akan menyiapkan jutaan titik jaringan nirkabel (WiFi/Hotspot) secara nasional di berbagai lokasi untuk mendukung kebutuhan informasi digital bagi masyarakat. Jaringan @wifi.id yang handal dan tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia akan memberikan kenyamanan dan jaminan koneksi berkualitas tinggi kepada seluruh penggunanya.




Gambar 2.1 Konfigurasi Wifi.id
1.      WAG ( Wireless Access Gateway )
                   WAG digunakan sebagai gerbang utama untuk terhubung ke internet.
2.      WAC ( Wireless Access Control )
                   WAC digunakan sebagai pengatur AP, Jadi konfigurasi AP terletak pada WAC.
3.      Modem
       Modem merupakan alat komunikasi dua arah yaitu penggabungan dari Modulator dan Demudulator. Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses madulasi yaitu proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa ke sinyal informasi agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu, biasanya berupa gelombang sinus. Demudulator adalah proses mendapatkan kembali data/proses membaca dari sinyal yang diterima pengirim.
       Modem yang di gunakan dalam instalasi ada 2:
a.       Modem ONT ( Optical Network Terminal )
       Modem ONT adalah modem yang menggunakan kabel optik sebagai lastmiles.


Gambar 2.2 Modem ONT

b.      Modem ADSL



Gambar 2.3 Modem ADSL
                   Modem ADSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL.
4.      HUB


Gambar 2.4 HUB 8 Port
                   HUB digunakan untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama dan terdiri dari beberapa port (multiport repeater). Hub bekerja di physical layer yang tidak tahu tentang alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, jadi jika salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu.
5.      Access Point
       Access Point digunakan untuk melakukan pengaturan lalu lintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaaringan wireless client/server. Peralatan ini merupakan radio based, berupa reciever dan transmiter yang akan terkoneksi dengan local area network atau broadband ethernet.
      Jenis AP yang digunakan sekarang yaitu :
a.       Autelan


Gambar 2.5 AP Autelan
       Jenis AP ini adalah yang paling banyak digunakan untuk sekarang ini. Untuk konfigurasi autelan sudah otamatis. Coverage area ± 30 m. Jenis Autelan ada 3 : Indoor, Indoor Eksternal, dan Outdoor Eksternal. Untuk Outdoor Eksternal coverage are 30 - 40 m. Kelebihan pada AP Autelan adalah tidak cepat panas, sering digunakan untuk mesh.
b.      Cisco


Gambar 2.6 AP Cisco
       Jenis AP ini juga salah satu AP yang sering digunakan, konfigurasinya otomatis dan arah pancarnya omni directional, untuk coverage area ± 30 m. Kelebihanya memiliki sinyal yang stabil.
6.      PoE ( Power of Ethernet )


Gambar 2.7 PoE
       PoE digunakan untuk memberi catuan daya pada perangkat atau AP.
7.      KSO ( Kabel Serat Optik )
       Kabel ini digunakan untuk menghubungkan ke modem ONT.
8.      Kabel Twisted Pair
                   Twisted pair merupakan media transmisi yang paling banyak digunakan dan murah harganya. Sebuah kabel twisted pair terdiri dari dua kawat yang di sekat dan tersusun dalam suatu pola lilitan yang beraturan. Sepasang kawat yang dililitkan dapat digunakan sebagai jalur komunikasi tunggal. Biasanya beberapa pasang kawat ( empat pasang ) dibundel menjadi satu dengan cara dibungkus dengan bungkusan yang keras terbuat dari karet.
                   Jenis twisted pair yakni UTP ( Unshielded Twisted Pair ) dan Shielded Twisted Pair (STP). Kabel UTP atau STP yang biasa digunakan adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel yang terpiling. Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel ini, hanya digunakan 4 buah saja yang digunakan untuk dapat mengirim dan menerima data ( Ethernet).
9.       Radio P to P ( Point to Point )
       Radio Point to Point digunakan dimana ada dua titik duhubungkan ( satu pengirim dan satu penerima ). Ini juga digunakan untuk transfer dari sumber ketujuan. Radio Point to Point digunakan jika di area tersebut tidak dapat terjangkau oleh kabel optik.


Gambar 2.8 Radio Point to Point.

2 comments:

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu