BAB
III
LAPORAN AKTIVITAS YANG DI LAKUKAN SELAMA PSG
( Pendidikan Sistem Ganda )
A. GAMBARAN
UMUM PT. TELKOM, Tbk IINDONESIA
PT. TELKOM, Tbk adalah Suatu Badan Milik Negara (BUMN) yang
bergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. PT TELKOM menyediakan sarana dan
jasa layanan Telekomunikasi dan informasi kepada masyarakat luas sampai
kepelosok daerah di seluruh Indonesia. Sejarah PT. TELKOM di Indonesia pertama
kali berawal dari sebuah badan usaha swasta penyediaan layanan pos dan telegrap
yang didirikan kolonial Belanda pada tahun 1882.
Perubahan di lingkungan PT. TELKOM Indonesia, Tbk terus berlanjut
mulai dari perusahan jawatan sampai perusahaan public.
Perubahan-perubahan besar terjadi pada tahun 1995 meliputi (1) Restrukturisasi
Internal; (2) Kerjasama Internal; (3) Intial Publik Offering (IPO).
Jenis usaha PT. TELKOM Indonesia, Tbk adalah penyelenggara jasa Telekomunikasi
dalam negeri dan bidang usaha terkait seperti jasa sistem Telepon Bergerak
(STBS) sirkuit pelanggan, teleks, penyewaan transpoder satelit, VSAT (Verry
Small Apenture Terminal) dan jasa nilai tambah tertentu.
Pada tanggal 1 Juli 1995 organisasi PT. TELKOM Indonesia, Tbk
berhasil menrekstruktur jenis jasa Telekomunikasi menjadi tujuh divisi regional
dan satu divisi network yang keduanya mengelola bidang usaha utama. Divisi
regional sebagai pengganti struktur WITEL yang memiliki daerah teritorial
tertentu, namun hanya menyelenggarakan jasa telepon lokal dan mendapat bagian
dari jasa SLJJ dan SLI. Divisi network menyelenggarakan jasa
Telekomunikasi jarak jauh.
B. KEGIATAN
SELAMA PSG
1.
Pemasangan AP.
Instalasi Access
Point di area tersebut sesuai area yang telah di tentukan.
1.
Branding
Saung @wifi.id.
Branding saung ini bisa berupa pemasangan banner @wifi.id,
pemasangan sticker cara akses @wifi.id.
2.
Sosialisasi
@wifi.id dan Cara Akses @wifi.id.
Ialah proses pengenalan apa itu @wifi.id dan memberikan
contoh akses @wifi.id.
C. PROSEDUR KERJA
1.
Pemasangan
AP
a. Alat dan bahan :
1)
Toolkit lengkap.
2)
Kabel ties.
3)
Tangga.
4)
Access Point,Kabel RJ45 tipe stright, konektor RJ45.
5)
Crimping tool.
6)
Laptop.
7)
POE.
8)
HUB (jika di butuhkan).
b. Langkah-langkah Pemasangan Access Point :
1)
Pertama lakukan survey lokasi pada area yang ingin di
lakukan instalasi Access Point.
2)
Siapkan Alat dan Bahan. Lalu tentukan titik-titik
lokasi yang akan di pasang Access Point.
3)
Hitung Berapa banyak Access Point yang akan di gunakan
Jika melebihi 4 buah AP. Bisa di gunakan sebuah HUB atau bisa Juga menggunaka
sistem MESH jika akses antar AP terlalu jauh jika di jangkau dengan kabel
RJ45.(maks 30m)
4)
Cari titik lokasi catuan daya terdekat dari titik
instalasi.
5)
Konfigurasi Instalasi Access Point
Gambar 3.1 Konfigurasi Instalasi Access Point
2.
Branding
Saung @wifi.id
Langkah-langkah branding saung @wifi.id, sebagai berikut :
a. Outdoor
1)
Survey lokasi saung yang akan di branding dan di dokumentasi,
2)
Mengukur saung untuk pemasangan stiker dan banner,
3)
Mencetak stiker dan banner
untuk pemasangan saung,
4)
Mengecat saung apabila diperlukan dan terakhir dokumentasi
atas pekerjaan saung
b. Indoor
1)
Survey lokasi ruangan yang akan di branding dan di dokumentasi,
2)
Mengukur luas ruangan untuk pembelian karpet dan meja
atas keperluan branding,
3)
Setelah itu, pemasangan bahan yang diperlukan untuk branding,
4)
Dan terakhir, foto untuk dokumentasi.
3.
Sosialisasi Cara
Akses @wifi.id
a.
Pertama buka pengaturan wifi pada gadget anda lalu
conect kan ke SSID @wifi.id . Hingga muncul tulisan connected seperti pada
gambar berikut ini.
Gambar 3.2 Conect SSID @wifi.id
b.
Lalu buka browser dan buka satu situs misalnya situs
GOOGLE.COM. Maka kita akan masuk ke halaman login wifi.id.
Gambar 3.3 halaman login wifi.id
c.
Lalu pilih melalui mana kita akan mengakses nya.misal
kita memilihakses, ini adalah contoh akses melalui spincard.
Gambar 3.4 welcome page spincard
d.
Cara akses nya hanya tinggal memasukkan username dan
password dan akan muncul gambar seperti berikut :
Gambar 3.5 user login
D. MASALAH
YANG DI HADAPI
1. Kurangnya
pengetahuan masyarakat umum menengah ke bawah tentang @wifi.id atau dikenal
dengan kata “internet” karena pendidikan mereka, usia, dan bingung menggunakan
“internet”.
2. Dan
apabila sosialisasi hanya diandalkan dengan materi saja rata-rata mereka
bingung dan tidak paham.
E. PEMECAHAN MASALAH
1.
Maka
diadakannya sosialisasi ke tempat-tempat masyarakat umum dengan salah satu
fitur SSID @wifi.id dengan cara datang ke sekolah-sekolah menengah pertama,
menengah atas, menengah kejuruan, maupun kampus-kampus.
2.
Dan,
untuk memecahkan masalah dengan sosialisasi dengan materi mereka bingung dan
dilakukan dengan cara praktek. Dan rata-rata mereka lebih tanggap dan paham
dengan cara praktek langsung yang di bimbing dengan perlahan-lahan untuk
melakukan Log In ke @wifi.id dan
memakai @wifi.id.
0 comments:
Post a Comment