Monday 20 October 2014


A.    Pekerjaan yang dilakukan

1.      Monitoring
                          Monitoring (pemantauan) adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran ( awareness ) tentang apa yang ingin diketahu. Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program. Monitoring akan memberikan informasi tentang status dan kecenderungan bahwa pengukuran dan evaluasi yang diselesaikan berulang dari waktu ke waktu.


2.      Maintenance
                         Maintenance adalah suatu kegiatan untuk memelihara atau menjaga fasilitas atau peralatan pabrik dan mengadakan perbaikan atau penyesuaian atau penggantinya yang dilakukan agar terdapat suatu keadaan operasi yang memuaskan sesuai dengan yang direncanakan.


B.     Permasalahan yang dihadapi
1.      Monitoring
- Untuk memeriksa keadaan AP down atau up
2.      Maintenance
- Untuk merawat infrastuktur AP
- Mengetahui masalah masalah di pelanggan dan memberikan solusi nya.

C.    Pemecahan Masalah


Gambar 3.1 Aplikasi Web Monitoring
       Aplikasi web monitoring ini dapat di akses di alamat http://10.128.11.33 yang hanya bisa di akses melalui jaringan intranet telkom. Jika status DOWN berarti AP dalam masalah atau ada gangguan.
       Setelah memonitoring gangguan yang ada, tentu kita akan mengetahui dimana saja letak AP yang rusak atau tidak aktif dan memerlukan perawatan. Saat kita di lapangan ada baiknya mengikuti langkah - langkah berikut :
1.      Keadaan Listrik
      Lihatlah keadaan listrik dilokasi apakah keadaannya hidup atau mati, karna tanpa listrik AP dan alat alat lainnya akan mati. Karena dilokasi tidak di pasang Genset ( Generator Set ) atau baterai, kecuali ditempat - tempat yang besar seperti duta mall dan kantor kantor telkom.
2.      Status Lampu Modem
                   Jika keadaan listrik hidup selanjutnya lihat status modem, untuk modem optik menggunakan ONT, lihatlah lampu indikator yang ada di ONT :
a.       Lampu Loss
       Lampu Loss berwarna merah, jika lampunya nyala atau berkedip itu berarti link antara optical network transmission dengan ke optical laser transmission ada gangguan.
b.      Lampu Pon
       Kemudian juga perhatikan lampu Pon, lampu PON adalah lampu dimana mengindikasikan ONT itu sudah teregister ke OLT biasanya nyala berkedip untuk ONT baru, dan tidak berkedip atau nyala terus untuk ONT yang sudah on air.
c.       Lampu LAN
       Lampu LAN di ONT ada 4, Jika lampu LAN mati berarti ada kemungkinan kabel dari ONT ke Hub ada masalah, Jika tidak menggunakan HUB berarti kabel dari ONT ke PoE ada masalah. Jika kabel bermasalah wibro bertanggung jawab sebagai vendor untuk memberbaiki kabel, dikrimping atau ditarik ulang kabel.
3.      Pengetesan Link
                   Jika modem normal, cek dulu linknya atau LAN nya, jadi kita menghubungkan laptop dengan ONT menggunakan kabel LAN, set laptop dengan dhcp automatic, buka network and sharing center, network and internet, Network connections dan klik properties pada Local Area Connection, klik pada networking dan klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) dan tandai pada obtain dan IP address automatically. Setelah terdeteksi, cek IP gatewaynya, IP yang didapat adalah IP dari WAC atau IP 10 jadi WAC memberikan ip kepada laptop jika tidak berhasil kemungkinan di sisi ONT atau metro (transport) belum di set di LAN yang sesuai, jika masih belum dapat IP, misal AP autelan 10.15 sekian sekian jika belum mendapat kita lapor ke jaringan divisi akses atau ke bagian metro.
4.      Tes Ping Gateway
                   Jika sudah mendapat kan ip gateway, kita tes ping ke gateway nya dengan cara, buka cmd lalu ketik ip config dan klik enter akan muncul ip adress dan gateway. Ping gatewaynya dengan cara ketik ping "ip gateway -t ", enter dan tunggu beberapa saat Selanjutnya lihat hasil persentasi loss yang ada di bagian bawah, misalkan loss di atas 20% misal yang dikirim 100 yang diterima 80 yang menyebabkan signal turun naik berarti belum bisa di on air kan. Jadi signal itu akan muncul jika pingnya bagus. Jika misalkan signal turun naik atau kadang muncul kadang tidak berarti linknya kurang baik jadi saat di ping muncul tulisan rto(request time out)
5.      PoE
                   Jika ip gateway baik, selanjutnya tes power akses point untuk power yang rusak kita bisa melihat dari lampunya Jika lampunya mati berarti itu rusak, atau bisa test ping dari PoE. Ada dua port yang ada di PoE, port LAN yang terhubung ke modem dan port LAN yang terhubung ke AP, untuk test ping, lepas port yang terhubung ke lan dan masukkan ke laptop, test ping ke gateway, Jika tidak bisa berarti PoE yang rusak.
6.      Access Point ( AP )
       Saat di ping tidak mengalami masalah lanjut ke pengecekan ke AP, lihatlah lampu indikator yang berada di Access Point :
a.       Cisco
       AP Cisco memiliki beberapa warna lampu yang masing masing warna memiliki arti yang berbeda. Jika lampu berwarna biru berarti AP dalam keadaan normal dan ada yang terhubung ke AP. Jika lampu berwarna hijau berarti AP dalam keadaan normal dan tidak ada yang terhubung ke AP. Jika lampu berwarna kuning atau merah berarti AP dalam keadaan bermasalah atau rusak, untuk mengatasinya hanya perlu mereset ulang AP tersebut. Jika lampu AP masih warna kuning atau merah atau tidak memancarkan signal wifi berarti AP itu rusak.
b.      Autelan



Gambar 3.2 Lampu AP Autelan
       AP Autelan memliki 4 lampu diantaranya :
1.      Power
                   Jika lampu power mati berarti ada masalah dengan kelistrikan.
2.      2.4G
                   Jika lampu 2.4 Ghz mati berarti tidak terhubung dari server WAC. Jika lampu tidak menyala kita harus cek IP ke WAC dan Jika tidak mendapatkan IP berarti ada masalah dengan VLAN nya. Sedangkan Jika kita mendapatkan IP dari WAC tapi lampu 2.4 Ghz nya tetap tidak menyala berarti ada masalah dengan rooting.
3.      5G
                   Lampu 5G itu lampu indikator untuk jaringan Wifi 5,8Ghz pada penerapan jaringan 5,8Ghz digunakan untuk melakukan mesh.
4.      LAN
                   Jika lampu LAN menyala berarti AP terhubung baik ke ONT. Lampu akan mati jika akses point dijadikan AP anak dalam mesh.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu