Monday 20 October 2014

LANDASAN TEORI

A.    Definisi WiFi (Wireless Fidelity)
Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity.Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 Ghz. Kita dapat terhubung ke internet dengan Wifi menggunakan Laptop, PC, Netbook, bahkan Gadget yang mendukung WiFi.
Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet dengan cepat.WiFi mempunyai kemampuan akses internet dengan kecepatan hingga Up to 100 Mbps. Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung kejaringan WiFi.Namun, kita harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi.Daerah yang mempunyai sinyal WiFi adalah daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses yang sering disebut hotspot. Adapun komponen yang terdapat dalam  hotspot area mencakup beberapa hal:
1.      Access Pint (Titik Akses)
       Perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan ethernet yang terdapat di komputer.Titik akses memiliki kemampuan untuk melayani pengguna sebanyak 128 orang.Luas daerah yang dapat dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-1000 meter.
2.      Access Controller (Pengendali Akses)
       Perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek, apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.


3.      Internet Link
       Perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet link mempunyai kemamuan koneksi internet sampai kecepatan. Kemampuan koneksi tersebut digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.

B.     Wireless Broadband
WiBro (Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,4 GHz. WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook. Dari segi mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.
Akses Wibro juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.
WiBro adalah pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute. Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

C.    Perbandingan Antara WIFI dengan 3G
1.      WiFi
WiFi secara singkatnya adalah pengganti kabel supaya komputer anda dapat mengakses jaringan Network/LAN. Jika sebelumnya anda harus mencari kabel dan colokan untuk terhubung dengan LAN, maka dengan WiFi ini kita tidak perlu repot mencari kabelnya, tapi cukup mengakses sinyal saja. Bila sinyal ditemukan maka akan terhubung dengan LAN. Alat yang dibutuhkan adalah:
a.       AP/Access Point atau Wireless Router
Bagian dari LAN. Alat ini adalah pintu gerbang yang menjebatani dunia WiFi / nirkabel dengan LAN, dan akan memancarkan sinyal radio sebagai penerimanya.
b.      Wireless NIC / WiFi Card
Bagian dari komputer anda. Alat ini yang membuat komputer anda dapat melihat sinyal WiFi yang dipancarkan oleh AP.
1)      Kelebihan WiFi
Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan  ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.
a)      Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan
b)      Produk Wi-Fi tersedia di pasar secara luas.
c)      Wi-Fi jaringan dukungan roaming, di mana sebuah stasiun klien mobile seperti komputer laptop dapat berpindah dari satu jalur akses ke jalur akses yang lainnya
d)     Wi-Fi adalah perangkat standar global. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.
e)      Tersebar Luas di lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.
f)       Kecepatan yang disediakan oleh teknologi Wi-Fi berkisar antara 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz tergantung spesifikasi pada PC ataupun Laptop.
Protokol baru untuk Kualitas Layanan (WMM) dan mekanisme power saving (WMM Power Save) membuat Wi-Fi lebih sesuai untuk aplikasi yang latency-sensitif (seperti suara dan video) dan perangkat kecil berbentuk-faktor.
2)      Kekurangan Wi-Fi
a)      Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.
b)      Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.
c)      WiFi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal  ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.
d)     Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia ditransmisikan dari konsumen WiFi.
2.      Teknologi 3G
3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris (third-generation technolog). Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless) TeknologiGenerasiketiga (3G).
Generasi ketiga (3G) adalah pengembangan dari generasi sebelumnya, dengan rekomendasi dari ITU (International Telecomunication Union) sebagai berikut :
a.       Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam.
b.      Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki.
c.       Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps pada user diam (stationer).
1)      Kemampuan teknologi 3G
Memiliki kecepatan transfer data cepat (144kbps – 2Mbps) sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, dan on demand lain yang memungkinkan kita dapat memilih program semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya.
2)      Kekurangan Teknologi 3G
a)      Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal / Indoor / slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.
b)      Bandwidth yang terbatas.
c)      Belum mencukupinya kecepatan transfer data dalam melayani layanan multimedia yang memerlukan kecepatan yang besar.
d)     Support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda.
e)      Mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan waktu.

D.    Produk-Produk WIFI.ID
1.      Definisi Produk / Layanan
Speedy Instanadalah layanan akses broadband internet prabayar retail melalui media wifi dengan SSID Speedy Instan@wifi.id.Untuk dapat menggunakan layanan Speedy Instan, Pelanggan  harus memiliki usernamedan password Speedy Instan yang akan digunakan untuk login pada Welcome PageSpeedy Instan@wifi.id. Username dan password Speedy Instan memiliki deposit hak akses yang berbasis waktu (time base).Layanan akses connectivity broadband internet melalui wifi dengan SSID Speedy Instan@wifi.id, bagi komunitas:
1)      Indicampus
2)      Indischool
3)      Indipublic
4)      Indishopper
5)      Dan lain-lain
Selain itu Layanan akses connectivity broadband internet melalui wifi dengan SSID Speedy Instan@wifi.id mendapatkan akses live Streaming liga Inggris (BPL) serta bonus streaming movie dari www. useeTV.com.
1)      IndiCampus
Program komunitas untuk memfasilitasi kebutuhan akses internet melalui layanan wifi Telkom Group bagi mahasiswa, dan atau civitas akademika Perguruan Tinggi yang telah bekerja sama dengan Telkom. Dengan nilai ataupun kemudahan, seperti; Akses internet berkecepatan tinggi up to 10 Mbps, akses mudah, jaringan tersebar luas, dan biaya murah Rp.1000-, / 24 Jam.
Serta bermanfaat satu sama lain antara Telkom.Id dengan Perguruan terkait, sebagai berikut; Peluang usaha bagi kampus, reward bagi user (mahasiswa, dosen, karyawan), dan reward bagi kampus ataupun koperasi.Diskripsi dan Gambar IndiCampus

2)      IndiSchool
Sama hal nya dengan IndiCampus, Telkom.Id mengeluarkan kemudahan untuk para pelajar yang di era globalisasi memang membutuhkan akses internet untuk mencari tugas bahkan pelajaran yang berkaitan langsung dengan dunia luas. Dengan kemudahan, seperti; Akses internet yang up to 100 Mbps, tersebar luas Hot Spot Telkom.Id yang memudahkan para pelajar untuk belajar selain disekolah, serta memberikan akses yang mudah bagi pengajar.
Selain itu IndiSchool juga mengeluarkan program dengan nama IndiStudent yang semakin memudahkan para pelajar serta pengajar ataupun guru mengakses internet. Hanya dengan menghubungi Plasa Telkom dan mengikuti registrasi yang ditentukan oleh Telkom.Id seluruh siswa-siswi sudah memiliki akses internet dengan NIS (Nomor Induk Siswa)

3)      IndiPublic
IndiPublic adalah SSID bagi area public yang sudah dilengkapi dengan AP (Akses Point) sehingga seluruh masyarakat dapat mengakses serta menikmati wifi.id Indonesia yang disediakan oleh Telkom.Id di area public, seperti; Hotel, Guest House, Taman, Perkantoran, Rumah Sakit, dan lain-lain.

4)      IndiShopper
Tidak hanya per-sekolahan ataupun public,Telkom.Id mengeluarkan pula IndiShopper untuk memudahkan pusat pembelajaan mendapatkan akses internet untuk memuaskan para pelanggan ataupun konsumen yang mengunjungi pusat pembelajaan tersebut. Dengan akses  internet yang Up To 100 Mbps memudahkan para owner untuk menarik banyak pelanggan untuk mengunjungi usaha mereka, bukan hanya barang yang mereka dapatkan namun juga akses internet yang cepat didapatkan.
Hot Spot Telkom wifi.id juga terdapat di pusat-pusat perbelanjaan, seperti; Café, Kawasan Kuliner, Mall, PetShop, Distro, dan lain-lain yang menunjang akses internet masyarakat dengan mudah.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

PENGUNJUNG

Buku Tamu